EDSA ( Electrical Distribution and Transmision System Analysis and Design Programs )

EDSA ( Electrical Distribution and Transmision System Analysis and Design Programs ) adalah sebuah perangkat lunak komputer yang ditujukan untuk menganalisa sebuah sistem    tenaga listrik dari berbagai sudut pandang. Program ini dikeluarkan oleh EDSA Micro Corporation pada tahun 1996. Versi yang digunakan adalah versi 2.0.

Kemampuan yang dimiliki oleh program ini antara lain :
Studi Aliran Daya ( Load Flow Analysis )
Studi Hubung Singkat ( Short Circuit Analysis )
Koordinasi Peralatan Proteksi ( Protective Device Coordination )


EDSA Object-oriented  Load Flow Program
Program studi aliran daya ini digunakan untuk menganalisis sistem tiga fase (diasumsikan seimbang)  sehingga dapat diperoleh informasi tentang : tegangan , beban dan faktor dayanya, aliran arus ,dan terutama daya aktif dan daya reaktif pada masing-masing cabang, rugi daya, pembebanan trafo dan penghantarnya. Dari studi aliran daya ini bisa diketahui nilai VAR yang dibutuhkan dan drop tegangan yang terjadi pada berbagai beban.
Sistem per unit ( pu ) digunakan dalam komputasinya dengan nilai basis dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dan komputasi numeris yang digunakan adalah Metode Newton-Raphson (NR) dan Fast Decoupled (PQ).
Jenis data yang diperlukan untuk analisis aliran daya ini antara lain : konfigurasi dan parameter jaringan, daya dan faktor daya beban, dan kapasitas pembangkit. Eksekusi program untuk suatu objek studi sangat mudah dilakukan (user friendly). Keluarannya ditampilkan dengan jelas sehingga interpretasi hasil mudah dilakukan

Short Circuit Current Analysis Program
Analisis hubung singkat merupakan salah satu kemampuan EDSA dalam melakukan analisis jaringan. Studi yang berkenaan dengan pengaruh gangguan pada jaringan transmisi dan distribusi 3 fase dan perhitungan arus gangguan yang berkaitan dalam pemilihan rating peralatan proteksi. Gangguan tersebut meliputi gangguan 3 fase ke tanah, gangguan satu fase ke tanah, gangguan antar fase dan gangguan dua fase ke tanah. Dapat diketahui juga nilai arus pemutusan (interrupting current), dan nilai arus sesaat (momentary current) dapat dikerjakan.

Untuk menggambarkan suatu jaringan distribusi yang meliputi titk beban, generator, busbar dinyatakan dengan node, sedangkan penghubung antar node disebut branch yang berupa penghantar, pemutus tenaga (PMT), trafo, saklar dan sebagainya. Dalam memasukkan komponen-komponen jaringan harus disertai dengan disertai spesifikasi komponen. Data resistan dan reaktans merupakan komponen utama dalam perhitungan hubung singkat. Perhitungan yang dilakukan merupakan fungsi waktu yaitu dengan menggunakan sistem perbandingan antara reaktans dan resistans untuk menentukan besarnya komponen dc dari total arus hubung singkat. Hasil analisis yng diinginkan dapat dipilih dari menu yang telah disediakan program. Satuan yang dapat dipakai meliputi Ampere atau kiloAmpere, volt atau kiloVolt, KVA atau MVA, dan metodologi perhitungannya dapat berupa metode ANSI / IEEE / IEC.

6 comments :

  1. mas,.mau tanya untuk mendapatkan software tersebut bagaimana? saya ingin mempelajarinya untuk bahan TA

    http://gilangmanyun.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. minta link download nya mas....^^

    http://studiobambang.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk download software EDSA atau power analitik lainnya, bisa klik link berikut : http://adf.ly/12529/software

      Delete
  3. mas,EDSA sama nggak dengan ETAP dan SIMARIS?

    ReplyDelete
  4. ETAP, EDSA dan SIMARIS sama-sama software yang biasa digunakan untuk simulasi studi power system di suatu Plant, contoh nya Load Flow, Short Circuit, Koordinasi Proteksi, Grounding, Stabilitas load shedding. Yang paling popular adalah ETAP.

    bisa buka link berikut:

    http://etap.com/downloads/brochures/etap-realtime-power-management.pdf
    http://etap.com/real-time/real-time-video.htm

    ReplyDelete

  5. Individuals in deals and advertising know how critical making a GREAT early introduction is. That is the reason they for the most part make a special effort in their underlying presentations. Shockingly, in their mission to overpower your sensibilities, not every one of them will be above lying or whitewashing here and there. More about the author

    ReplyDelete