Prinsip Kerja Cooling Tower


Cooling Tower atau menara pendingin sering atau banyak kita jumpai di Pabrik-pabrik, mall atau sejenisnya. Cooling Tower Salah satu komponen utama pada AC sentral selain chiller, AHU, dan ducting adalah cooling tower atau menara pendingin.Apakah fungsi cooling tower, cara kerja, dan jenis-jenisnya? Di uraian singkat berikut dijelaskan mengenai cooling tower.



Fungsi Cooling Tower adalah sebagai alat untuk mendinginkan air panas dari kondensor dengan cara dikontakkan langsung dengan udara secara konveksi paksa menggunakan fan/kipas. Berikut gambar Cooling tower dengan sistem kerjanya:

Proses pendinginan air dengan cooling tower
Jenis-jenis Cooling Tower

1. Menara Pendingin Forced Draft

Prinsip kerjanya adalah udara dihembuskan ke menara oleh sebuah fan yang terletak pada saluran udara masuk sehingga terjadi kontak langsung dengan air yang jatuh, berikut gambarnya:

Cooling Tower Forced Draft
2. Cooling tower induced draft dengan aliran berlawanan 

Prinsip kerjanya :


  • Air masuk pada puncak dan melewati bahan pengisi (filler)
  • Udara masuk dari salah satu sisi (menara aliran tunggal) atau  pada sisi yang berlawanan (menara aliran ganda)
  • Fan mengalirkan udara melintasi bahan pengisi menuju saluran keluar pada puncak menara 


berikut gambarnya:

Cooling Tower induced draft dengan aliran berlawanan
3. Cooling Tower induced draft dengan aliran melintang

Prinsip kerjanya :



  •    Air panas masuk pada puncak menara, melalui bahan pengisi (filler)
  •    Udara masuk dari samping menara melewati filler, sehingga  terjadi kontak langsung dengan air (pendinginan) dan keluar menuju puncak 
Berikut gambarnya :

Cooling Tower induced draft dengan aliran melintang
Mengapa Perlu ada Cooling tower ?

Proses yang terjadi pada chiller atau unit pendingin untuk system AC sentral dengan system kompresi uap terdiri dari proses kompresi, kondensasi, ekspansi(perubahan tekanan) dan evaporasi. Proses ini terjadi dalam satu siklus tertutup yang menggunakan media berupa refrigerant yang mengalir dalam system pemipaan yang terhubung dari satu komponen ke komponen lainnya. Untuk mendinginkan refrigran, Kondensor menggunakan air sebagai media untuk proses pendinginannya. Uap refrigeran panas mengalir dalam pipa yang berada di dalam tabung sehingga terjadi proses pertukaran kalor. Uap refrigeran panas berubah fase dari fase gas menjadi cair, yang memiliki tekanan tinggi mengalir menuju alat ekspansi (perubah tekanan) , sementara air yang keluar dari kondensor memiliki temperatur yang lebih tinggi. Karena air ini akan digunakan lagi untuk proses pendinginan kondensor maka temperaturnya harus diturunkan kembali atau didinginkan pada cooling tower.

Langkah kerja Cooling Tower 

Berikut adalah step by step kerj Cooling Tower:

Langkah pertama adalah memompa air panas dari kondensor menuju menara cooling tower melalui system pemipaan yang pada ujungnya memiliki banyak nozzle untuk tahap spraying atau semburan.
Air panas yang keluar dari nozzle (spray) secara langsung melakukan kontak dengan udara sekitar yang bergerak secara paksa karena pengaruh.fan/blower yang terpasang pada cooling tower. 
Kemudaian air yang sudah mengalami penurunan temperature ditampung dalam bak/basin untuk kemudian dipompa kembali menuju kondensor yang berada di dalam chiller. 
Pada cooling tower juga dipasang katup make up water yang dihubungkan ke sumber air terdekat untuk menambah kapasitas air jika terjadi kehilangan air ketika proses evaporative dan blowdown.
Prestasi menara pendingin biasanya dinyatakan dalam “range” dan “approach”, dimana range adalah penurunan suhu air yang melewati cooling tower dan approach adalah selisih antara suhu udara wet-bulb dan suhu air yang keluar. 
Perpindahan kalor yang terjadi pada cooling tower berlangsung dari air ke udara tak jenuh. Ada dua penyebab terjadinya perpindahan kalor yaitu perbedaan suhu dan perbedaan tekanan parsial antara air dan udara. Suhu pengembunan yang rendah pada cooling tower membuat sistem ini lebih hemat energi jika digunakan untuk system refrigerasi pada skala besar seperti chiller. 

Semoga bermanfaat ...

8 comments :

  1. thank's yah info nyah bermanfaat banget

    http://cbs-bogor.net/

    ReplyDelete
  2. Parag fans regularly provide efficiencies of 15-40% over other makes in wet cooling applications like cooling towers. All of our fans installed worldwide are saving energy at the rate of 250MW. Our fans provide a less expensive and quick fix to reducing the auxiliary power consumption in a plant. The fact that the fans are made of FRP makes them extremely corrosion resistant and durable and suitable for years of use without replacement. In summer months, the advantages become even more apparent as the pitch of the blades can be increased to draw more air- something made possible by the high level of energy efficiency.

    ReplyDelete
  3. Impact Cooling Solutions has 27 years of experience in the energy efficient axial flow fan business and has supplied over 35,000 fans to 35 countries. ICS installed FRP fans are currently saving energy at the combined rate of over 125 MW all over the world.

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya. Saya pemula di bidang cooling tower, kali aja ada yg punya ilmu lebih seputar dasar2 cooling tower bisa lgsung email ke 038riorm@gmail.com

    ReplyDelete
  5. hai saya salesman kimia cooling tower,terimakasih atas artikelnya untuk menambah pengetahuan dan bahan bacaaan.salam sukses

    ReplyDelete
  6. Ada masalah dengan AIR atau Pengolahan Air Limbah Di Perusahaan,Pabrik2,Perumahan dan Lingkungan ANDA.Kami PT SURYA PRIMA PHARMA dengan Brand ADVANCED REGENERATIVE SYSTEM (ARS) adalah International Trading & Development Company yang berkonsentrasi dibidang AIR, ENERGI dan PANGAN.
    Perusahaan Kami dapat memberikan SOLUSI Terbaik dalam Penanggulangan AIR BERSIH dan AIR MINUM serta PENGOLAHAN AIR LIMBAH. Peralatan kami menggunakan media buatan Jerman (Watch Water) yang sudah terbukti dan diakui di Eropa, Amerika dan Afrika. Selain itu juga bisa diterapkan pada BOILER,COOLING TOWER,R/O dan lain sebagainya.
    Filterrisasi System Air ini sangat Cocok untuk Perikanan,Peternakan,Perkebunan juga jadi AMAN untuk KESEHATAN dan Lingkungan... Ingin Consultasikan masalah tersebut bisa menghubungi contact person dibawah ini....Tks
    Best Regards,
    ekoy
    Advance Regenerative System
    PT. SURYA PRIMA PHARMA
    Hp : 0878 7737 8189 / 0853 1990 6668
    Email : ekoy88ars@gmail.com
    Web Site : www.ars-indonesia.com

    ReplyDelete
  7. prinsip yang dipaparkan adalah prinsipnya kinerjanya K3 yang diminta dari spek pemeliharaan dan perawatan pembongkarannya

    ReplyDelete
  8. Yang mau pasang cooling tower bisa hubungi saya di 081295725220 , untuk pabrik dan mall. Atau jasa maintenece

    ReplyDelete