Mengenal AC (Air Conditioner)

Pekerjaan tahun ini nambah  menangani AC (Air Conditioner) dan Cooling Tower. Pada tulisan kali ini akan di bahas mengenai AC, pengertian dasar dan prinsip kerjanya. Di tulisan selanjutnya insyaAllah akan di lanjutkan dengan mengenal berbagai macam komponen AC.



AC (Air Conditioner) merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Atau AC berfungsi sebagai penyejuk udara. AC banyak digunakan di wilayah iklim tropis seperti indonesia. Dalam penggunaannya AC tidak hanya menyejukkan atau mendinginkan udara, tetapi bisa juga mengatur kebersihan, kelembaban udara sehingga tercipta kondisi sehat dan nyaman bagi tubuh.

Prinsip kerja AC

Sebelum jauh ke AC, sebaiknya mengenal prinsip pendinginan terlebih dahulu. Mungkin pernah kita menempelkan kain dengan alkohol ke kulit kita. Apa yang terjadi? kulit akan merasa dingin, karena alkohol menyerap panas dari udara sekitar, sehingga terjadi perubahan bentuk dari alkohol cair menjadi gas, seperti ilustrasi di bawah ini:


Pada sistem refrigrasi (atau pendinginan) dengan menggunakan refrigerant, proses ini akan membuat temperatur bahan pendingin (refrigerant) akan lebih rendah dari suhu sekitarnya sehingga dapat melepaskan tenaga panas dari udara di sekitarnya. Umumnya, alat pendingin (refrigerator) mengoperasikan refrigerant untuk menghisap panas uadara disekelilingnya.

Berikut ilustrasinya:

Bahan pendingin (Refrigerant) akan menyalurkan panas dari sisi temperatur rendah ke sisi temperatur tinggi. Bahan pendingin akan berubah dari cair ke gas pada tempat bertemperatur rendah dan dari gas ke cair di tempat bertemperatur tinggi. Bahan pendingin ini harus dipadatkan secara mudah di bawah tekanan yang rendah.

Setelah memahami proses di atas, kita akan lebih mudah memahami sistem AC yang secara prinsip adalah sama. Berikut gambar sistem AC:

Ada 2 jenis siklus yang terjadi dalam proses pendinginan pada AC yaitu siklus refrigerant dan siklus udara, berikut penjabarannya:
a) siklus refrigerant

Di dalam Air Conditioner dibagi menjadi 2 ruang. Ruang dalam dan ruang luar. Dibagian ruang dalam udaranya dingin karena adanya proses pendinginan. Dibagian ruang luar digunakan untuk melepaskan panas ke udara sekitar.

Secara umum gambaran mengenai prinsip kerja AC adalah:
· Penyerapan panas oleh evaporator
· Pemompaan panas oleh kompresor
· Pelepasan panas oleh kondensor

Di dalam mesin Air Conditioner (AC) bentuk refrigeran berubah-ubah bentuk dari bentuk gas ke bentuk cairan. Pada kompresor refrigeran masih berupa uap, tekanan dan panasnya dinaikkan dengan cara dimampatkan oleh piston dalam silinder kompresor. Kemudian uap panas tersebut didinginkan pada saluran pipa kondensor agar menjadi cairan. Pada
saluran pipa kondenser diberi kipas untuk mempercepat proses pendinginan. Proses pelapasan panas ini disebut teknik pengembunan. Selanjutnya cairan refrigeran dimasukkan ke dalam evaporator dan dikurangi tekanannya sehingga menguap dan menyerap panas udara sekitar. Di dalam AC bagian dalam ruangan, udara dingin disebarkan menggunakan kipas blower. Dalam bentuk uap (gas) refrigeran dihisap lagi oleh kompresor. Demikian proses tersebut berulang terus sampai gas habis terpakai dan harus diisi kembali.
aliran refrigrant
b) Siklus aliran udara


Dibagian ruang dalam yang udara di sekitarnya panas akan digantikan oleh udara yang telah didinginkan melalui kipas blower. Udara panas akan terserap masuk ke dalam kipas blower dan didinginkan didalam ruang kipas blower.

aliran udara

Di bagian luar ruangan terdapat kondesor yang melepas panas refrigeran setelah proses pemampatan kompresor. Untuk mempercepat proses pelepasan panas maka ditambahkan kipas.

Berlanjut ke Pengenalan komponen AC.


2 comments :

  1. This happens when shifting from cool to fan mode but it is not louder than using several fans at the same time. The Hair HPE07XC6 has an 8.2 EER and measures 21 x 17 x 34 inches. You can purchase this from Amazon and is generally cheaper than the Newair portable air conditioner.licensed contractors

    ReplyDelete