Kondensor AC -komponen utama

Melanjutkan seri komponen utama AC, kali ini akan di bahas mengenai kondensor AC.

Kondensor berfungsi sebagai alat penukar kalor, menurunkan temperatur refrigeran, dan mengubah wujud refrigeran dari bentuk gas menjadi cair. Biasanya pada kondensor AC menggunakan udara sebagai media pendingin (air cooling condensor). Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigeran dilepaskan ke udara bebas dengan bantuan kipas (Fan motor). Agar pelepasan kalor lebih cepat, pipa kondensor di desain berliku dan dilengkapi dengan sirip. Untuk itu pembersihan sirip sangat penting agar perpindahan kalor refrigeran tidak terganggu. Jika sirip kondensor dibiarkan kotor mengakibatkan AC kurang dingin. 



Selain menggunakan media udara sebagai pendingin, ada beberapa jenis kondensor lain, yaitu :

1. Water Cooler Condenser 


Jenis ini menggunakan air sebagai media pendingin. Kondesor type ini terdiri dari suatu ruangan untuk menampung gas refrigeran dari kompresor. Di dalamnya terdapat jalu-jalur pipa untuk pendinginan. Air dilairkan melewati pipa-pipa ini baik dari aliran air minum kota (PDAM) atau dari tempat-tempat lain. Air tidak boleh kotor atau mengandung larutan-larutan kimia yang bisa menyumbat dan
merusak pipa-pipa tersebut.

2. Evaporative Condenser
Evaporative condenser atau sistem kondenser yang mengkombinasikan pendinginan dengan media udara dan air. Pada kondensor jenis ini dilengakapi dengan pompa air yang berfungsi untuk mensirkulasikan air dan kipas untuk mengalirkan udara.Hanya saja disini air diatur oleh suatu klep dan hanya bekerja dengan adanya ketidakmampuan dari udara pendinginan untuk mencapai suhu pendinginan yang dikehendaki.





No comments :

Post a Comment