Penyebab Kebakaran dan cara penangannya

Kebakaran sering terjadi dikota-kota besar seperti Jakarta atau lainnya. Namun kebakaran bisa menimpa siapa saja. Dan yang paling sering disebut -saat kita mendengar berita, penyebab kebakaran adalah dari listrik. Benar ga sih..? Berikut beberapa catatan penyebab kebakaran dari akibat listrik dan cara pencegahannya.




1. Ukuran kabel tidak memadai
Ukuran kabel yang tidak memadai Salah satu faktor yang menentukan ukuran kabel atau penghantar adalah besar arus nominal yang akan dialirkan melalui kabel/ penghantar tersebut sesuai dengan lingkungan pemasangannya, terbu- ka atau tertutup. 
Dasar pertimbang- annya adalah efek pemanasan yang dialami oleh penghantar tersebut jangan melampaui batas. Bila kapasitas arus terlampaui maka akan menimbulkan efek panas yang berkepanjangan yang akhirnya bisa merusak isolasi dan atau membakar benda-benda sekitarnya. 

Berikut ilustrasi gambar kabel terbakar:

Pilihan kabel dan kabel terbakar
2. Penggunaan stop kotak atau instalasi kontak yg salah
Yang dimaksudadalah penyambungan beban yang berlebihan sehingga melampaui kapasitas stop-kontak atau kabel yang mencatu dayanya. Atau bisa juga pemasangan kontak yang salah, tidak sesuai/kendor yang mengakibatkan panas dan terbakar.

Untuk pencegahannya, gunakan stop kontak sesuai fungsi (tidak berlebihan) dan pasanglah sesuai jenis steker dan stop kontaknya.

berikut ilustrasi pemasangan yg salah dan benar.
pemasangan stop kontak berlebih dan salah

pemasangan stop kontak sesuai dan benar


3. Pengamanan terhadap percikan akibat pekerjaan dilingkungan mudah terbakar

Diruangan tertentu yang memiliki bahan mudah terbakar misalnya ruang chemical yang flamable perlu mendapatkan perhatian khusus. Seperti pengaman terhadap percikan akibat listrik atau pekerjaan misalnya mengelas, menggerinda bahkan melakukan pemasangan/pelepasan stop kontak juga memiliki resiko untuk terjadinya percikan listrik.

Perlu digunakan alat/pelindung anti percikan dan pembatasan pekerjaan di tempat tertentu.
 
Pekerjaan diarea mudah terbakar

 Contoh pemberian warning sign

Mudah-mudahan kita selalu waspada dari bahaya kebakaran, dan semoga bermanfaat.


1 comment :

  1. Terimakasih atas artikelnya tentang penyebab kebakaran dan cara mengatasinya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete