Sejarah Lampu Neon (Lampu Tabung)


George Claude
Siapakah yang menemukan lampu neon (lampu tabung)? berikut sejarah singkatnya..

Menjelang akhir abad ke-19, George Claude (September 24, 1870 – May 23, 1960), seorang ilmuwan Perancis malakukan percobaan-percobaan dengan membuat busur antara dua elektroda dalam sebuah pembuluh pipa vakum dengan diisi gas neon.


Bila pada kedua elektroda dipasang tegangan yang tinggi, maka terjadi suatu caha- ya merah yang dalam. Oleh karena didalam tabung diisi dengan gas neon, lampu tabung ini sering disebut juga lampu neon.
Pengisian pada tabung dengan jenis gas-gas yang lain dapat menghasilkan berane- ka warna-warni cahaya, sehingga lampu ini banyak digunakan untuk keperluan hiasan dan iklan.
Perkembangan jenis lampu tabung ini terjadi sekitar tahun 1950-an, yaitu dibuatnya lampu-lampu pelepas gas merkuri dan sodium.
Berbeda dengan jenis lampu pijar, lampu tabung tidak menghasilkan cahaya dari filamen pijar, tetapi melalui proses eksilasi gas atau uap logam yang terkandung di dalam tabung gelas.
Lampu Tabung warna

Warna dari cahaya yang dipancarkan bergantung pada jenis gas atau uap logam yang terkandung di dalam tabung. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut :


Tabel Warna Cahaya Lampu Tabung

1 comment :

  1. sejarahnya memang sangat menarik, Pemuan dahulu itu memang sangat bermanfaat semua, tanpa mereka mungkin dunia ini akan gelap.

    ReplyDelete