Pengasutan Motor Induksi model Direct Online (DOL)

Saat motor induksi di starting secara langsung, arus awal motor besarnya antara    500%  sd  700%  dari  arus  nominal.  Ini  akan  menyebabkan  drop tegangan yang besar pada pasokan tegangan PLN. Untuk motor daya kecil sampai 5 KW, arus starting tidak berpengaruh besar terhadap drop tegangan. Pada motor dengan daya diatas 30 KW sampai dengan 100 KW akan menyebabkan drop tegangan yang besar dan menurunkan kualitas listrik dan pengaruhnya pada penerangan yang berkedip.

Pengasutan motor induksi adalah cara menjalankan pertama kali motor, tujuannya agar arus starting kecil dan drop tegangan masih dalam batas toleransi. Ada beberapa cara teknik pengasutan, diantaranya :
1.  Hubungan langsung (Direct On Line = DOL)
2.  Tahanan depan Stator (Primary Resistor)
3.  Transformator
4.  Segitiga-Bintang (Start-Delta)
5.  Pengasutan Soft starting
6.  Tahanan Rotor lilit 


Pada tulisan kali ini akan di jelaskan mengenai pengasutan model Direct Online (DOL). 

Pengasutan Hubungan Langsung (DOL)


Pengawatan DOL

 
Pengasutan hubungan langsung atau dikenal dengan istilah Direct On Line (DOL) gambar disamping. Jala-jala tegangan rendah 380 V melalui pemutus  rangkaian  atau  kontaktor  Q1 langsung terhubung dengan motor induksi. Sekering     berfungsi     sebagai     pengaman hubungsingkat,    jika    terjadi    beban    lebih diamankan oleh relay pengaman beban lebih (overload relay).
 

Saat pemutus rangkaian/ kontaktor di ON kan motor  induksi  akan  menarik  arus  starting antara 5 sampai 6 kali arus nominal motor. Untuk motor induksi dengan daya kecil 5 KW, hubungan langsung (DOL) bisa dipakai.  Arus starting yang besar akan menyebabkan drop tegangan disisi   suply.   Rangkaian   jenis   ini   banyak dipakai untuk motor2 penggerak mekanik seperti mesin bubut, mesin bor, mesin freis.

Torsi motor
Torsi motor dirumuskan sebagai:

 Motor di starting pada tegangan nominal, akan mengalir arus mendekati arus hubung singkat = 7 In. jika slip = 4% = 0,04, maka besrnya torsi Besarnya   torsi   starting   =   1,96    kali    torsi nominalnya. Kesimpulannya, saat arus starting 5 s/d 6 kali arus nominal hanya menghasilkan 1,96 x Torsi nominalnya.
Karakteristik torsi penasutan model DOL

Karakteristik pengasutan langsung hanya sesuai untuk motor induksi berdaya kecil, karena untuk motor daya besar akan menyebabkan  pengaruh  drop  tegangan yang besar. Ketika starting dimulai motor induksi akan menarik arus yang besarnya sampai 6 kali arus nominalnya, Secara berangsur-angsur ketika kecepatan motor mendekati  nominalnya  maka  arus  motor akan berada pada kondisi nominalnya. Lihat gambar di bawah.

Karakteristik arus fungsi putaran, pengasutan DOL

 Bersambung ke pengasutan model lainnya..

No comments :

Post a Comment