Kabel NYY komponen instalasi listrik

Konstruksi Kabel NYY
Berikutnya, kabel jenis NYY sebagai salah satu komponen instalasi listrik. Berikut akan di uraikan sedikit mengenai kabel jenis ini, termasuk tabel KHA (Kemampuan Hantar Arus) kabel NYY.

Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.




Dalam perencanaan instalasi listrik ini jenis kabel tanah yang digunakan adalah NYY. Pada prinsipnya susunan NYY ini sama dengan susunan NYM.Hanya tebal isolasi dan selubung luarnya, serta jenis kompon PVC yang digunakan, berbeda. Wama selubung luamya hitam. Untuk kabel tegangan rendah, tegangan nominalnya 0,6/1 kV, di mana 0,6 kV adalah tegangan nominal tcrhadap tanah dan I kV adalah tegangan nominal antar penghantar. Uratnya berjumlah satu sampai dengan lima. Luas penampang penghantamya dapat mencapai ukuran 240 mm atau lebih. Gambar konstruksi kabel NYY dapat di lihat di atas.

Untuk Kemampuan Hantar Arus (KHA) kabel NYY dapat di lihat pada tabel di bawah ini.


Tabel Kemampuan Hantar Arus (KHA) Kabel NYY




No comments :

Post a Comment