Bagian - bagian charger/Rectifier, bagian 01

Setelah memahami pengertian charger atau rectifier, berikutnya akan lebih detail bagian-bagian dari charger atau rectifier.

Secara umum bagian Charger ada 3 bagian yaitu Trafo,  Penyearah dan bagian akhir biasanya menggunakan Filter. Namun terkadang ada juga charger yg tanpa filter.







Penjelasan secara detail sebagai berikut :

TRAFO
Trafo yg terpasang di rectifier/charger adalah trafo jenis step down (penurun tegangan) dari 380/220 Volt menjadi 110 V atau 12 V, atau ukuran lainnya. Besarnya kapasitas trafo tergantung dari kapasitas battery dan beban yang terpasang di unit pembangkit, minimal kapasitas arus output trafo harus 20% lebih besar dibandingkan dengan arus pengisian battery. Trafo yang digunakan ada trafo 1 phasa dan trafo 3 phasa.

Dalam membuat power supply atau charger, di kenal istilah Trafo 0 V dan trafo CT, apa maksudnya? 

Trafo 0V atau biasa juga disebut trafo non CT adalah jenis trafo dimana pada gulungan sekundernya mempunyai 1 buah output. Dan yang paling mudah untuk membedakannya adalah tidak ada tulisan CT nya. Seperti gambar berikut :
Gambar 1 Trafo non CT (0 V)



Sedangkan trafo CT adalah trafo yang mempunyai dua gulungan sekunder yang sama terhubung secara seri.  Dengan kata lain : Transformator yang mempunyai gulungan sekunder yang di-tap (dibuat terminal sambungan) tepat pada titik tengah gulungannya, itulah sebabnya ada sebutan “center-tap” yang berarti “tap tengah”.
Gambar 2 Trafo dengan CT
Terlihat perbedaan 2 trafo di atas, ada sama-sama 1 A, namun ada tulisan CT dan tidak. Penerapannya nanti pada saat kita mempelajari tentang Full Wave Rectifier dan Full Wave Bridges Rectifier.

Namun sebenarnya tipe trafo CT maupun Trafo non CT, bisa kita modifikasi sendiri sesuai keinginan.  

Bersambung ke Bagian - bagian charger/Rectifier, bagian 02..

No comments :

Post a Comment