Bagian - bagian charger/Rectifier, bagian 02

PENYEARAH
Seperti namanya piranti ini berfungsi menyearahkan artinya mengubah arus bolak balik menjadi arus searah. Ada 2 komponen semikonduktor yang umumnya digunakan untuk charger/rectifier, yaitu Diode dan Thyristor.





A. DIODE

Diode adalah semikonduktor yang memiliki 2 terminal, yaitu terminal positif (+) biasa disebut ANODA dan terminal negatif (-) disebut KATODA.
Konfigurasi penyearah menggunakan Diode ada beberapa macam, yaitu :

A.1 Penyearah Diode 1/2 gelombang (Half Wave Rectifier)

Penyearah jenis ini merupakan yang paling sederhana, karena hanya menggunakan 1 diode saja. Berikut diagramnya :


Gambar 1 Penyearah Diode 1/2 gelombang
Dari gambar penyearahan sinyal AC menjadi sinyal setengah gelombang. Karena bagian positif anoda pada dioda dijadikan sebagai inputnya maka hanya sinyal AC bagian positifnya saja yang akan dilewatkan oleh dioda, sedangkan bagian negatifnya akan ditahan. Maka gambar diatas disebut rangkaian penyearah setengah gelombang atau  Half Wave Rectifier.


Untuk mengetahui nilai tegangan output sebuah diode penyearah dapat di hitung dengan menggunakan rumus :

                              




untuk memahami persamaan di atas, kita refresh lagi pengertian Vmax dan Vrms, dengan gambar di bawah ini.

Gambar 2 Definisi Vmax dan Vrms
Vmax dari gambar di atas adalah nilai maximum dari puncak tegangan, sedangkan untuk Vrms (root mean squared) adalah nilai rata-rata tegangan. 

A.2 Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan center tap 1 phasa (Full Wave center tap Rectifier) 

Penyearah ini menggunakan 2 buah diode untuk menghasilkan penyearah gelobang penuh. Berikut gambarnya :

Gambar 3 Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Center Tap
Setengah gelombang bagian positif dihasilkan oleh setiap diode, sehingga tegangan outputnya adalah 100% yaitu gabungan penjumlahan setengah phasa positifnya, sehingga rata-rata tegangan keluaran DC yang mengalir pada resistor beban adalah dua kali lipat dari rangkaian penyearah tunggal atau menjadi 0,637 x Vmax. Sehingga diperoleh persamaan dasar sebagai berikut :



A.3 Penyearah Diode Gelombang Penuh (Full Wave Bridges Rectifier) 1 phasa

Penyearah ini menggunakan diode bridges (4 buah diode) menggunakan trafo tanpa CT untuk menghasilkan penyearah dengan gelombang penuh. Berikut gambarnya:


Gambar 4 Full Wave Bridges Rectifier

Prinsip Kerja  penyearah gelombang penuh dengan 4 dioda yaitu  jika Trafo mengeluarkan output sisi sinyal Positif (+) maka Output  maka D1 dan D2 akan berada dalam kondisi Forward Bias sehingga melewatkan sinyal Positif tersebut sedangkan D3 dan D4 akan menghambat sinyal sisi Negatif(-)nya. Kemudian pada saat Output Trafo berubah menjadi sisi sinyal Negatif (-) maka D3 dan D4 akan berada dalam kondisi Forward Bias sehingga melewatkan sinyal sisi Positif (+) tersebut sedangkan D1 dan D2 akan menghambat sinyal Negatif(-)nya.


Bersambung ke Bagian - bagian charger/Rectifier, bagian 03.

No comments :

Post a Comment