Cara Menghemat listrik AC (Air Conditioner), tips ringan -- bagian 01

Bisakan konsumsi listrik AC (Air Conditioner) rumah kita lebih hemat dengan merubah freonnya? Kondisi cuaca yg panas memaksa AC di rumah kita bekerja lebih lama, dan ini akan membuat konsumsi listrik kita semakin mahal. Adakah cara untuk menghematnya..?

Ada beberapa tips ringan untuk menghemat konsumsi listrik saat menggunakan AC :



Gunakan AC dengan jenis freon yang ramah lingkungan
Jenis-jenis freon telah di uraikan, pilih freon yg ramah lingkungan dan lebih hemat listrik. Seperti penggunaan freon jenis hidrocarbon bisa menghemat konsumsi listrik sd 20%.

Mengatur suhu AC
Secara ideal atur suhu AC secara optimal yaitu sekitar 3-5°C lebih rendah dari suhu di luar ruangan) untuk aktivitas sehari-hari kita (tidak lebih dingin dari 25 °C), karena setiap kenaikan temperatur 1°C dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 3-5%.

Mengatur Waktu nyala AC 
Pada malam hari saat kita tidur, sebaiknya hidupkan AC seperempat jam sebelum saat tidur, dan timernya di set selama 1-2 jam mati otomatis. Kalau ACnya sudah mati, ruangnya akan tetap dingin selama beberapa jam kemudian. Dan siang hari, usahakan mematikan AC, jika akan meninggalkan ruangan dalam waktu relatif lama.

Maintenance AC rutin setiap 3 bulan sekali
Bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, tiap 3 bulan. Dengan memelihara AC secara rutin, kamu mampu menghemat listrik sampai dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk, menyebabkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.

Ganti AC yang sudah tua
Untuk alat AC yang telah berumur lebih dari 10 tahun, pemakaian energi akan lebih besar 30-50% dibandingkan dengan peralatan pendingin dengan teknologi baru.

Sesuaikan pendukung lainnya
Hal ini meliputi kondisi ruangan yang akan dipasang AC yaitu pastikan jendela tidak terpapar matahari dan terbuka ketika AC sedang menyala, gunakan lampu ruangan yang tidak terlalu besar dan panas LED lebih baik. Baca juga tentang merakit pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah tangga.  

ini baru tips ringan, ada beberapa cara lagi untuk menghemat konsumsi lsitrik AC, di antaranya menurunkan watt AC, dan mengganti freon.

No comments :

Post a Comment