Muffler bagian dari sistem AC (Air Conditioner)

Muffler selain di sistem AC terkadang kita sering mengaitkannya dengan sistem generator set, yg juga terdapat istilah muffler. Untuk di sistem AC, apa sih muffler itu? dan apa kegunaannya, sedikit akan di bahas dalam uraian ini.




Untuk merefresh kembali, kita lihat di bagan atau sistem kerja AC sebagai berikut :



Bagan sistem kerja AC
Muffler di sistem AC berfungsi untuk menstabilkan gas hasil kompresi dari kompresor sebelum masuk ke kondensor.

Muffler juga berfungsi sebagai pengurang kebisingan yang disebabkan oleh dorongan gas di jalur pembuangan pada instalasi pendingin dan pendingin udara. Dorongan itu
umumnya berasal dari kompresor reciprocating atau tipe kompressor Screw. Muffler tidak berpengaruh pada mekanik getaran ditransmisikan ke pipa oleh kompresor.

Karakteristik noise/kebisingan biasanya terjadi pada sistem refrigasi besar, terutama jika di install dengan line refrigeran yg panjang atau remote kondensor. Untuk mengurangi noise ini dipergunakan Muffler.

Di bulletin Emerson dan ITE, di jelaskan ada 3 tipe Muffler, yaitu tipe :

  • Discharge Muffler
M-60 Discharge Muffler

  • Adjustable Discharge Muffler
      Adjustable Discharge Muffler jenis tipe ini memungkinkan untuk "tuning"/mengatur            sistem Muffle. Dengan tipe ini memungkinkan untuk merubah karakteristik tanpa              perlu merubah muffler atau merubah sistemnya.
AM-05 Adjustable Discharge Muffler

  • Suction Muffler
     Suction Muffler berfungsi untuk menghaluskan keluaran suction getaran yg dihasilkan         untuk mengurangi noise sistem, dan di install di sisi suction kompressor.

DM-1677 Suction Muffler

No comments :

Post a Comment